Rabu, 07 Maret 2012

Pengaruh Teknologi Game Terhadap Sosialita Anak-anak dan Remaja


Perkembangan teknologi game telah berkembang pesat pada era ini. Game merupakan permainan yang dimainkan oleh seorang atau beberapa orang tujuan awalnya  yaitu untuk menghibur, Tetapi sekarang tidak hanya untuk menghibur tetapi juga untuk edukasi atau pendidikan.

Dulu kita hanya bermain game tidak menggunakan alat bantu elektronik, seperti galaxin, bola bekel, congklak, karet, kelereng, dsb. Seiring perkembangan zaman maka teknologi pun semakin canggih sehingga anak-anak dan remaja pun secara tidak langsung menjadi addict atau kecanduan Gadget untuk bisa bermain Game yang canggih dan menghibur.

Maka dari itu, teknologi game mempengaruhi sosialita anak-anak dan remaja sekarang ini. Mereka meminta dibelikan atau bahkan diberi gadget untuk bisa bermain game tersebut karena beberapa permainan berada apda market gadget tersebut. Inilah yang mempengaruhi sosialita kehiduapan anak-anak dan remaja. Mereka terbiasa dengan teknologi game yang canggih pada gadget mereka. Tentu saja ini terdapat pengaruh atau dampak positive dan negative teknologi game.

Pengaruh negative untuk anak-anak dan remaja kali ini mereka kecanduan untuk bermain game terus-menerus tanpa henti, Seperti beberapa kasus di media bahkan sampai menyebabkan kematian karene bermain game tanpa istirahat. Mereka bermain untuk mengejar sesuatu untuk diraih, seperti dalam salah satu game, terdapat pangkat untuk menunjukkan seberapa handalnya mereka dalam bermain game, sehingga mau tidak mau mereka harus bermain terus untuk menaikkan pangkat mereka itu. Mereka juga terkadang  bermain di warung internet (warnet) untuk bermain game, bahkan kadang terlihat membolos sekolah, mencuri uang untuk bermain game ini. Inilah sosialita yang terjadi pada anak-anak dan remaja. Alangkah lebih baiknya game ini diatur pada porsi yang benar sehingga game pun bukan menjadi pengaruh sosialita yang buruk tetapi menjadi pendukung pembelajaran untuk anak-anak dan remaja.




Pengaruh positive untuk anak-anak dan remaja ini adalah mereka bisa berfikir bekerja sama untuk mencapai tujuan. Seperti dalam game Point Blank. Mereka berada dalam 1 tim harus bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, ini baik untuk melatih team-work. Selain itu, pengaruh positivenya mereka bisa lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang sekitar mereka karena mereka lebih banyak bermain diluar rumah (warnet) sehingga mereka mempunyai banyak hubungan pertemanan. Dan juga, pengaruh baiknya game ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran atau pendidikan untuk anak-anak dan remaja sehingga teknologi game bisa membantu mereka untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik. Seperti beberapa contoh gambar game edukasi di bawah ini:




Maka dari itu, perlu pentingnya kita mengatur porsi game ini untuk menjadi pendukung pembelajaran dan hiburan bagi anak-anak dan remaja bukan sebagai pengaruh negative untuk mereka.


                

3 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarma. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya.
    di cek ya studentsitenya ada pengumumannya lho... :)
    www.studentsite.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sudah saya masukkan de sebelah kanan pada blok ini Mba. Terima kasih atas sarannya .. :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus